Tips Mengerjakan Tes Listening

Tes Toefl terdiri dari tiga bagian, antara lain:

  1. Toefl Listening Comprehension Test, terdiri dari 50 soal
  2. Toefl Structure and Written Test, terdiri dari 40 soal
  3. Toefl Reading Comprehension Test, terdiri dari 50 soal

Berikut saya akan memberikan tips bagaimana mensiasati tes listening Toefl. Listening Comprehension Test yang terdiri dari 50 soal, dibagi dalam tiga section yakni section A = 30 soal, section B = 8 soal dan section C = 12 soal. Listening section A berupa dialogue atau percakapan antara dua orang (orang pertama bertanya dan orang kedua menjawab. Narrator akan membuat pertanyaan berdasarkan percakapan antara orang pertama dan kedua. Dan semua pertanyaan Narrator hanya dituju pada jawaban orang kedua. Berarti Anda harus lebih fokus pada jawaban orang kedua.

Pertanyaan pertama: apakah Anda harus mendengarkan semua percakapan dari orang pertama dan orang kedua? Jawabannya boleh – boleh saja, namun yg lebih penting Anda harus bisa menangkap jawaban orang kedua.

Pertanyaan kedua: Apakah Anda harus mendengarkan semua kalimat yang dijawab orang kedua? Jawabannya boleh – boleh saja. Namun yang lebih penting Anda harus bisa menangkap salah satu kata kunci pada jawaban orang kedua.

Pertanyaan ketiga: Kata kunci apakah yang dimaksud? Kata kunci yang dimaksudkan disini adalah kata kerja (verb) dan kata sifat (adjective). Mengapa kata sifat dan kata kerja dijadikan kata kunci? Karena yang anda cari adalah KATA LAIN/SINONIM (kata yang mempunyai arti yang sama) dengan kata kunci pada jawaban orang ke -2.

Contoh dalam percakapan:
 
Merry: Hi Bob, do you bring my English book? I need to finish my homework tonight.
Bob: Oh, sorry. I forget to bring it.
Narrator: What does the man (Bob) mean?
A. The man forgets to bring the book.
B. The man does not know about the book.
C. The man brings Merry’s book.
D. The man does not remember to bring the book.
Jawaban yang betul adalah D (The man does not remember to bring the book). Kata kunci pada jawaban orang ke -2 adalah forget. Maka Anda harus mencari jawaban lain yg artinya sama dengan kata forget yakni does not remember. Forget adalah kata kerja (verb). Biasanya sinonim berupa kata sifat (adjective) dan kata kerja (verb).
Cara / strategi ini berlaku untuk Listening Comprehension Part A, nomor 1 s/d 30.
Mudah – mudahan Anda mengerti penjelasan singkat saya ini. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.
Tips untuk meningkatkan ketrampilan membaca ( Reading )
Membaca tulisan dalam bahasa asing merupakan ketrampilan analitikal. Anda dapat menguasai ketrampilan membaca jika Anda menggunakan logika Anda serta mencermati kalimat. Latihlah diri Anda untuk memperhatikan dan mengingat-ingat detail penulisan seperti aksen dan pembedaan jenis kelamin (dalam bahasa Inggris, misalnya his atau her).
• Carilah teks bacaan yang mengandung daftar kosa kata dan pertanyaan, misal dari buku test TOEFL. Pertama-tama, bacalah daftar kosa kata yang digunakan, kemudian baca pertanyaan tentang bacaan. Baru kemudian bacalah keseluruhan teks dua atau tiga kali dengan menebak arti berdasarkan konteks. Hindari penerjemahan per kata, karena hanya membuang-buang waktu saja.
• Isolasi kosa kata baru dan pelajari secara terpisah. Jangan dituliskan dalam satu baris, tapi gunakan kartu ingatan. Tuliskan satu kata asing pada kartu tersebut dan terjemahannya di halaman sebaliknya. Bawa ke mana saja Anda pergi dan bacalah beberapa kali dalam sehari sesuka Anda. Pelajari terus sampai hapal di luar kepala (misalnya Anda tidak perlu membalik kartu untuk mengetahui artinya, atau Anda mengetahui bahasa Inggris suatu kata tertentu dalam bahasa Indonesia tanpa Anda membalik kartu yang bertuliskan kata dalam bahasa Indonesia).
• Isolasi bentuk tata bahasa baru dan pelajari secara terpisah. Tulis polanya pada kartu ingatan dan hafalkan. Buatlah contoh kalimat. Jika Anda menemui pola kalimat tersebut ketika membaca, berhentilah dan lihatlah pola untuk mengenalinya.Tips untuk meningkatkan ketrampilan berbicara ( Speaking )
Berbicara adalah ketrampilan performansi. Anda dapat melakukannya dengan baik jika Anda berusaha untuk berbicara banyak. Siswa dalam kelas bahasa asing terkadang mengalami kesulitan mendengarkan dan berbicara karena mereka takut membuat kesalahan. Tidak apa-apa berbuat salah. Santai saja dalam berbicara.
• Bicara keras-keras. Tiru suara dari bahasa tersebut. Jangan menggumam. Walaupun kebanyakan orang merasa malu untuk membuat suara yang aneh, Anda akan semakin terbiasa dengan bahasa tersebut.
• Jika dipersilakan berbicara di kelas, katakan sesuatu walau itu salah. Anda akan dapat belajar dari kesalahan itu. Jika Anda butuh waktu untuk berpikir, mintalah agar pertanyaan diulang. Jika Anda tidak tahu jawabannya, katakan dalam bahasa asing, “Saya tidak tahu” atau “Tolong!”
• Berlatih dengan siswa asing atau dengan siswa lain yang dapat membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris.
Latihan Pengucapan
• Siapkan sebuah buku atau artikel dalam bahasa inggris (terserah anda, tetapi lebih baik jika buku/artikel ini anda sukai, misalnya fiksi, atau bahkan buku anak anak). Siapkan kamus kecil yang memiliki panduan pengucapan bahasa inggris di sisi anda.
• Masuklah ke kamar tidur supaya privasi anda terjaga
• Bacalah keras-keras satu halaman buku atau artikel tersebut, seakan-akan anda penyiar TV atau pendongeng.
• Jika menjumpai kata yang bingung pengucapannya, periksa kamus
• Kalau bisa, jangan membaca kata per kata, tetapi lihat satu kalimat secara utuh. Kalau bisa, ulanglah membaca satu kalimat hingga sreg pengucapannya

Tips meningkatkan ketrampilan mendengarkan ( Listening )
Mendengarkan adalah ketrampilan performansi. Anda dapat melakukannya dengan baik jika Anda berusaha untuk berbicara banyak. Siswa dalam kelas bahasa asing terkadang mengalami kesulitan mendengarkan dan berbicara karena mereka takut membuat kesalahan. Tidak apa-apa berbuat salah. Santai saja dalam berbicara.
• Persering penggunaan lab bahasa, baca latihan di buku, kemudian dengarkan dan baca sekaligus. Kemudian dengarkan tanpa melihat buku. Ucapkan keras-keras/tuliskan yang Anda dengar.
• Dengarkan saat teman Anda berbicara, fokuskan pada apa yang ia ucapkan, dan jangan khawatir bagaimana nanti Anda berbicara.
• Jika Anda merasa tegang, santai sejenak dengan mengambil napas dalam-dalam. Jika Anda diminta untuk bicara, berhenti, tenang sejenak, dan beri Anda waktu sebentar untuk merespon.
• Dengarkan tatkala teman Anda mendikte Anda dan tulis yang Anda dengar. Cek kebenarannya.
• Untuk latihan, bergabunglah dengan klub bahasa, lihat TV asing, dengarkan radio asing.

Tips menambah kosa kata ( Vocabulary )
Sering menemui kesulitan saat anda mencoba menghafal sekian banyak kosakata berbahasa Inggris? Tak perlu lagi! Cobalah lakukan strategi dan petunjuk praktis dibawah ini yang dapat membantu membangun kosakata anda!
• Hubungkan: Adalah lebih mudah menghafal kosakata berdasarkan sebuah tema sama. Buatlah koneksi anda sendiri antara kosakata dan bila mungkin susunlah mereka kedalam sebuah diagram laba-laba.
• Tulis: Penggunakan kosakata secara praktis dapat membantu anda agar kata-kata tersebut melekat di kepala anda. Tulislah kalimat-kalimat dengan menggunakan perbendaharaan kata-kata baru atau buatlah suatu cerita dengan memakai sekolompok kata atau ekspresi tertentu.
• Gambar: Tunjukanlah bakat seni anda dengan membuat gambar-gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang sedang anda pelajari. Gambar anda tersebut dapat membantu memicu ingatan anda di masa datang.
• Lakukan dengan Tindakan: Gambarkan kata-kata dan ekspresi/ungkapan-ungkapan yang sedang anda pelajari melalui gerakan tubuh anda. Atau, bayangkan dan lakukan kata-kata dalam sebuah situasi dimana anda perlu menggunakannya.
• Ciptakan: Buat rancangan/desain kartu-kartu mini dan pelajari mereka di waktu luang anda. Buatlah kartu-kartu baru setiap minggunya, tapi tetap pelajari mereka secara keseluruhan dan berkala.
• Asosiasi: Berikan warna-warna yang berbeda kepada kata-kata yang berbeda. Asosiasi seperti ini akan membantu anda mengingat kosakata anda nantinya.
• Dengarkan: Pikirkan kata lainnya yang terdengar mirip dengan kata-kata yang sedang anda pelajari, terutama kata-kata yang rumit. Asosiasikan kata-kata tersebut dengan kata-kata yang baru untuk membantu anda dalam pengucapannya.
• Pilih: Ingatlah bahwa akan lebih mudah untuk belajar bila topiknya adalah sesuatu yang menarik bagi anda. Sehingga, hati-hatilah memilih kata yang anda rasa berguna atau menarik. Sadari bahwa proses pemilihan kata itu juga merupakan suatu cara membantu anda menghafal dan mengingat!
• Batasi: Jangan berusaha menghafal kamus dalam sehari! Batasi diri anda sebanyak 15 kata per hari, dan anda akan mendapatkan kepercayaan diri dan tak lagi merasa terbebani.
• Perhatikan: Perhatikan dengan seksama kata-kata yang anda pelajari ketika membaca atau mendengarkan sesuatu yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s